Investasi Pariwisata di Indonesia

Kuartal kedua tahun 2013, investasi asing di dunia pariwisata telah mencapai USD 119,2 juta. Dari angka tersebut, sebanyak USD 96,90 juta merupakan investasi asing. Investasi dalam negeri hingga kuartal kedua mencapai USD 22,3 juta. Sementara realisasi investasi pariwisata di Indonesia pada 2012 telah meningkat sebesar 210% dari tahun 2011, nilainya mencapai USD 869,8 juta. Sumber investasi terbesar adalah dari investasi asing. Sebagian besar investor asing dalam investasi pariwisata berasal dari Singapura mencapai nilai USD 538,2 juta atau 61,8% dari total investasi.

Investasi Pariwisata

Menurut Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), Mari Pangestu, hal ini menunjukkan peran pentingnya Singapura pada investasi pariwisata di Indonesia.

Data menunjukkan bahwa sumber asli dari keuangan dan pendanaan dari investor Singapura adalah dari seluruh dunia yang berkonsentrasi di Singapura.

Berdasarkan data tersebut, Kemenparekraf mengambil peran penting sebagai sponsor Asia Pacific Tourism Destination Investment Conference (APTDI) 2013 dan Mari Pangestu telah menjadi keynote panelis.

“Kemenparekraf juga telah mengatur sebuah pertemuan bisnis Brunch, bekerjasama dengan Kedutaan Besar Indonesia untuk Singapura, Indonesia Badan Koordinasi Penanaman Modal, Indonesia Investment Promotion Centre, dan  The Singapore Embassy for Indonesia,” jelasnya dari siaran tertulis yang diterima.

Pertemuan itu juga dihadiri oleh lima pengembang pariwisata dari Indonesia dan lima grup investor dari Singapura.

Para pengembangnya adalah: PT. Bali Tourism Development Corporation, pengembang Mandalika Resort Lombok; PT. Banten West Java, pengembang Tanjung Lesung Resort; PT. Teluk Mekaki Indah, pengembang Teluk Mekaki Resort Lombok; PT Eco Solutions Lombok, pengembang Tanjung Ringgit Lombok; dan PT. Bali Turtle Island Development.

Ia berharap bahwa sepanjang ini Business Meeting Brunch, Kemenparekraf dapat menyebarkan prospek investasi pariwisata dan menarik investor yang lebih asing untuk berinvestasi di Indonesia, dengan harapan bahwa hal itu dapat mengembangkan sektor pariwisata di luar pulau Bali di Indonesia dan meningkatkan kesadaran dari investasi pariwisata.

Investasi pariwisata Indonesia

Investasi pariwisata Indonesia

Sumber Berita : www.suarapembaruan.com
Sumber Gambar : BlogSpot

Leave a Reply