targetkan investasi

BKPM Targetkan Investasi Rp450 Triliun pada 2014

Badan Koordinasi Penanaman Modal BKPM targetkan investasi sebesar Rp450 triliun pada tahun 2014 mendatang, atau naik 15 persen dari target tahun 2013 yang sebesar Rp390 triliun. “Investasi sebesar Rp450 triliun pada tahun 2014 bisa tercapai, atau tumbuh 15 persen,” kata Kepala BKPM Mahendra Siregar, dalam jumpa pers Realisasi Investasi Triwulan III, di Jakarta, Rabu.

Mahendra mengatakan, pada tahun 2013, dari target sebesar Rp390 triliun tersebut sudah tercapai 75 persen, dan mengingat baru memasuki periode triwulan III pihaknya meyakini bahwa target tersebut akan terpenuhi.

BKPM Targetkan Investasi

“Pemerintah akan melakukan langkah-langkah strategis untuk menarik investasi lebih banyak lagi ke Indonesia, salah satunya dengan mempercepat proses perizinan investasi,” ujar mantan Wakil Menteri Keuangan tersebut.

Mahendra menjelaskan, dalam waktu dekat, pihaknya akan meluncurkan serangkaian percepatan pelayanan publik dan proses investasi yang meliputi pemasangan listrik, telepon, air, prose izin mendirikan bangunan, dan sertifikasi tanah.

Selain itu, lanjut Mahendra, juga membantu percepatan pelayanan pembayaran pajak, penerbitan surat izin usaha perdagangan (SIUP) dan tanda daftar perusahaan (TDP), serta penguatan pelayanan terpadu satu pintu di bidang penanaman modal.

Hingga triwulan III 2013, realisasi investasi penanaman modal asing (PMA) dan penanaman modal dalam negeri (PMDN) mencapai Rp293,3 triliun, dengan komposisi Rp94,1 triliun untuk PMDN dan Rp199,2 triliun untuk PMA.

Sementara pada triwulan III 2013, realisasi investasi di Indonesia mencapai Rp100,5 triliun, yang merupakan angka tertinggi dan mencatat sejarah sebagai investasi terbesar untuk periode triwulanan.

Realisasi investasi proyek penanaman modal pada triwulan III pada tahun 2013 mencapai Rp100,5 triliun, yang jika dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun 2012 lalu mengalami kenaikan sebesar 22,9 persen dari Rp81,8 triliun.

Investasi PMA masih mendominasi investasi di Indonesia meskipun untuk realisasi PMDN juga menunjukkan peningkatan porsi yang sangat baik, dan untuk nilai investasi asing pada triwulan III tersebut mencapai Rp67 triliun, atau naik 18,4 persen dari investasi pada periode yang sama tahun lalu yang tercatat sebesar Rp56,6 triliun.

Sementara untuk investasi PMDN pada triwulan III 2013 mencapai Rp33,5 triliun, atau naik 32,9 persen dari nilai investasi pada periode yang sama di tahun 2012 sebesar Rp25,2 triliun.

Targetkan investasi Indonesia

Targetkan investasi Indonesia

Sumber berita : id.berita.yahoo.com
Sumber gambar : offshore-company.co

Leave a Reply