Investasi Saham

Meskipun punya uang yang banyak, Anda tak serta merta dapat melakukan investasi saham. Untuk dapat melakukan transaksi dan investasi saham di Bursa Efek Indonesia (BEI), Anda harus menjadi nasabah perusahaan pialang yang biasa disebut sekuritas atau broker. Perusahaan ini akan menjadi perantara antara Anda dan BEI dalam bertransaksi. Setelah membuka rekening di perusahaan pialang, Anda harus menyetor uang senilai jumlah tertentu. Saat ini, Anda bisa menjadi nasabah dengan menyetorkan uang minimal Rp5 juta. Setelah akun aktif, Anda baru bisa bertransaksi dan mulai investasi saham.

Cara Memulai Investasi Saham

Saat ini banyak perusahaan pialang yang menawarkan jasanya. Jumlahnya mencapai ratusan. Tentu Anda ingin pelayanan yang terbaik bukan? Berikut ini adalah beberapa hal yang bisa menjadi pertimbangan Anda dalam memilih perusahaan pialan.

Pastikan broker pilihan Anda tercatat sebagai anggota Bursa Efek Indonesia. Anda dapat melihat daftar anggota bursa di website BEI, yaitu www.idx.co.id.

Jika Anda membutuhkan keamanan lebih, Anda bisa mempertimbangkan untuk memilih broker pelat merah, yaitu broker yang dimiliki oleh pemerintah. Cuma biasanya broker pelat merah memberikan komisis transaksi yang besar.

Ketahui juga berapa komisi transaksi yang diberlakukan. Untuk setiap transaksi, rata-rata komisi untuk pembelian saham antara 0,1-0,3%. Sedangkan komisi untuk penjualan saham antara 0,2-0,4%.

Apabila Anda ingin bertransaksi sendiri, bisa mempertimbangkan broker yang memberikan fasilitas online trading. Umumnya transaksi saham di semua sekuritas bisa dilakukan di kantor pialang tersebut atau via telepon. Bila Anda membutuhkan mobilitas, Anda bisa mempertimbangkan sekuritas yang memiliki fasilitas online trading, baik via internet, email, atau smartphone.

Memulai Investasi Saham

Memulai Investasi Saham

Informasi Lebih Lanjut

Pengenalan tentang Investasi Saham (investopedia.com)
Cara Investasi Saham (wikihow.com)

Leave a Reply