Overview Indonesia Tahun 2030

Apa yang terjadi dengan perekonomian Indonesia Tahun 2030? Banyak pihak yang meramalkan Indonesia menjadi salah satu negara dengan perekonomian terbesar yang ditunjang dengan berlimpahnya tenaga kerja. Apakah benar? Berikut ini, investasi-indonesia.com memberikan overview ekonomi Indonesia, sebagai bahan pertimbangan investasi, baik di sektor-sektor industri atau produk jasa. Mari simak pendekatan ekonomi makro berikut dalam Overview Indonesia Tahun 2030.

Fakta Indonesia kini:

  1. Masuk ke dalam 20 negara dengan ekonomi terbesar di dunia atau sering disebut negara G-20 (Posisi sekarang ke-16).
  2. Sebanyak 45 juta penduduk masuk ke dalam ekonomi kelas menengah-ke-atas yang menjadi konsumen produk dan jasa secara langsung.
  3. 53% penduduknya menyumbang sebanyak 74% dari GDP (Gross domestic product, atau Produk Domestik Bruto, PDB).
  4. Tersedia 55 juta pekerja terampil sebagai tenaga kerja untuk mengisi sektor-sektor ekonomi.
  5. Pangsa pasar untuk produk konsumsi langsung, pertanian, perikanan, pertambangan, dan pendidikan mencapai 500 miliar USD .

Fakta Indonesia 2030:

  1. Masuk ke dalam 8 negara dengan ekonomi terbesar di dunia atau sering disebut negara G-20 (Posisi sekarang ke-7), melewati Inggris dan Jerman.
  2. Sebanyak 135 juta penduduk masuk ke dalam ekonomi kelas menengah-ke-atas yang menjadi konsumen produk dan jasa, atau meningkat 3 kali lipat.
  3. 71% penduduknya menyumbang sebanyak 86% dari GDP.
  4. Tersedia 113 juta pekerja terampil untuk mengisi berbagai sektor ekonomi, atau disebut bonus demografi (di mana penduduk usia produktif jauh lebih banyak daripada usia non-produktif).
  5. Pangsa pasar untuk produk konsumsi langsung, pertanian, perikanan, pertambangan, dan pendidikan mencapai 1800 miliar USD.

Sumber: mckinsey.com

Leave a Reply